fbpx skip to Main Content
Ini 9 Alasan Mengapa Backbending Harus Dilakukan Setiap Hari

Ini 9 Alasan Mengapa Backbending Harus Dilakukan Setiap Hari

Tak dapat dipungkiri bahwa aktivitas sehari-hari seperti menatap gadget, menyetir, makan, bekerja di depan komputer, bersih-bersih, hingga berkebun, bisa bikin badan bungkuk. Faktanya, badan bungkuk tak hanya membuat postur kelihatan jelek, tapi juga memicu:

  • Sakit punggung dan leher
  • Terhambatnya sirkulasi darah ke organ vital dan berbagai kelenjar
  • Minder (karena postur buruk tadi)

Inilah salah satu alasan mengapa backbending harus dilakukan setiap hari. Gerakan backbend dalam yoga mampu memperbaiki postur tubuh bungkuk sehingga kembali tegap seperti semula.

jagannatha yoga

Menariknya, manfaat backbending tak sekedar memperbaiki postur saja, masih ada 8 lainnya seperti:

1.Membuka dada dan bahu

Berbagai pose yoga backbend mampu membuka area dada dan bahu, bagian tubuh yang umumnya kaku serta bungkuk. Alhasil, nafas tidak lagi pendek dan paru-paru juga bebas dari tekanan.

2.Meregangkan otot hip flexor

Hip flexor merupakan otot yang memungkinkan kita mengangkat lutut dan membungkuk. Otot ini biasanya menimbulkan sakit, khususnya bagi pelari atau pesepeda.

Untungnya, gerakan yoga backbend bisa membuka dan meregangkan otot tersebut. Yang penting jangan paksakan karena otot hip flexor kaku menyebabkan backbendings ulit dilakukan. Lakukan secara bertahap saja.

3.Menyehatkan otak dan jantung

B.K.S Iyengar menyarankan backbending untuk mengatasi depresi dan sebagai obat alternatif bagi penyakit jantung. Alasannya karena gerakan ini mampu meregangkan otot jantung. Lebih dari itu, melalui backbending – sakit punggung kronis yang berimbas pada berkurangnya area abu-abu di otak juga bisa dicegah.

4.Menguatkan punggung, kaki, maupun lengan

Karena gerakan membungkuk ke belakang memaksa tubuh melawan gravitasi, maka punggung dan otot lainnya jadi kuat karenanya. Karena itu, lakukan rutin berbagai posenya seperti low cobra, snake, warrior I, half locus, serta bridge.

Di samping menguatkannya, backbending juga efektif untuk mengurangi sakit punggung akibat kebiasaan membungkuk sehari-hari.

jagannatha yoga

5.Menstimulasi heart chakra

Terlepas dari apakah tubuh fleksibel atau tidak, banyak yang merasa sangat emosional ketika melakukan pose deep backbend seperti camel, king pigeon, atau upward facing two-foot staff pose. Hal ini wajar mengingat, gerakan tersebut efektif menstimulasi heart chakrayang mungkin selama ini tertutup.

6.Memperbaiki pernafasan

Ketika bahu dan dada lebih terbuka, maka tekanan pada paru-paru jadi berkurang sehingga pernafasan terasa lebih lega. Akibatnya, lebih banyak lagi oksigen yang masuk dalam tubuh.

7.Meningkatkan energi

Tambah oksigen = meningkatnya energi dan ketajaman dalam berpikir. Lebih dari itu, gerakan backbend juga menstimulasi semua chakrasehingga tubuh terasa lebih berenergi.

8.Membuat kita lebih pede

Banyak yang takut melakukan deep backbend karena pose semacam camelatau kroukachasanamemang memaksa kita keluar dari zona nyaman. Padahal mencobanya (sesuai kemampuan tentunya) dapat membuat kita sadar bahwa tak ada yang mustahil di dunia ini. Akibatnya, kita jadi lebih pede dan bebas rasa takut untuk mencoba hal baru.

Oleh sebab itu, mari berlatih backbending secara teratur. Jika Anda takut salah dalam mempraktekkannya, maka ikuti kelas yoga seperti di jagannatha misalnya. Di jagannatha yoga shala, Anda akan dibimbing dan diajar oleh para guru yang berpengalaman.

 

Source : https://livelovefruit.com/reasons-to-practice-backbends-every-day/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top