fbpx skip to Main Content
Mengapa Berlatih Yin Yoga?

Mengapa berlatih Yin Yoga?

Mengapa berlatih Yin Yoga?

 

Didalam budaya kehidupan modern yang serba cepat, kita dituntut selalu aktif bergerak dan berfikir, dan untuk mengimbanginya kita dapat melakukan kegiatan yang pasif, seperti beristirahat, meditasi dan yin yoga. Seperti halnya mesin dan peralatan elektronik yang selalu menyala, ada waktunya harus dimatikan untuk pemeliharaan.

 

Menganut prinsip alam semesta yang selalu seimbang, ada malam dan siang, gelap dan terang, panas dan dingin, saling melengkapi. Dalam konsep pengobatan tradisional Cina, yin dan yang menjadi pusat teori medis nya. Dikatakan apabila terjadi ketidak-seimbangan atau ketidakharnisan sistem dalam tubuh kita, maka dapat mengganggu fungsi organ-organ tubuh lainnya dan menimbulkan masalah kesehatan.

 

Yin yoga dapat dilakukan oleh semua orang, sebagai pelengkap untuk gaya yoga yang dinamis (yang) yang menekankan pada pemanjangan dan kontraksi otot-otot kita. Sedangkan target latihan Yin Yoga untuk melatih jaringan ikat, seperti myofascial, ligamen, tulang, dan sendi-sendi tubuh yang biasanya tidak banyak di stimulasi dalam latihan yoga yang lebih aktif. Semakin bertambahnya usia, kepadatan dan kelenturan otot-otot tersebut akan berkurang.

 

Pada awalnya gaya yoga ini terlihat membosankan, pasif, atau lembut; namun, latihan yin bisa sangat menantang karena harus mampu menahan satu pose pada durasi waktu 3-5 menit, dalam keadaan rileks, guna memberikan kesempatan pada otot myofascial untuk release dan meregang secara maksimal. Tujuannya adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah dan nutrisi serta meningkatkan fleksibilitas, sekaligus melatih kekuatan tulang dan sendi.

 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita perlu melakukan Yin Yoga:

 

  1. Yin Yoga meningkatkan fleksibilitas.

Yoga Yin menargetkan jaringan ikat yang dalam di antara otot-otot, dan fasia di seluruh tubuh. Tujuannya adalah untuk meningkatkan sirkulasi di sendi dan meningkatkan fleksibilitas saat pose meregangkan dan melatih daerah tulang dan sendi. Itu juga membantu kita mengatur aliran energi tubuh.

 

  1. Dapat dilakukan di mana saja.

Yoga Yin sangat portabel. Anda tidak selalu membutuhkan matras.  Kebanyakan pose Yin yoga dapat dilakukan sambil duduk di lantai, atau berbaring di tempat tidur. Pose yang dapat dilakukan adalah: Square, Butterfly, Deer, atau Shoelace.

 

  1. Yin Yoga menumbuhkan cinta diri.

Yin Yoga mengajarkan kita untuk membuka hati, menenangkan sistem saraf, dan menyediakan ruang bagi tubuh untuk rileks. Itu juga memungkinkan kita untuk memulihkan dan healing diri kita sendiri, menghapus rasa khawatir, dan memupuk rasa welas asih dan cinta untuk diri kita sendiri.

Kita seperti berterima kasih pada diri sendiri karena sudah sangat luar biasa. Ini membantu kita membangun kepercayaan diri dan keyakinan mutlak tentang betapa luar biasa indahnya tubuh kita.

 

  1. Melepaskan stres.

Kita hidup di dunia yang serba cepat, penuh deadline dan tujuan hidup, kepanikan, kecemasan dan stres. Dengan melakukan Yin Yoga, kita memberi kesempatan pada diri kita, untuk tidak melakukan apa pun selain ‘bernafas.’ Ini adalah cara yang sempurna untuk menemukan kembali ruang di dalam diri kita, untuk memperlambat pikiran dan menikmatinya.

 

  1. Yin Yoga memungkinkan kita menjadi intim dengan diri sendiri.

Bersiaplah untuk menjadi akrab dengan perasaan, sensasi, dan emosi kita, sesuatu yang mungkin terabaikan selama kelas yang serba cepat.

Ketika kita mulai berlatih Yin Yoga, kita belajar untuk mendengarkan tubuh kita, memperlambat semuanya. Kita belajar untuk mengenali pikiran kita, untuk melihat apapun yang masuk dan keluar dari pikiran kita, dan mencernanya.

Latihan ini meningkatkan kemampuan kita untuk berada di saat sekarang dan melatih rasa syukur, perlahan-lahan membawa kita lebih dekat ke diri sejati kita.

 

  1. Melatih kesabaran dan ketekunan.

Ketika menghadapi hidup yang menjadi sulit, Yin Yoga mengajarkan kita untuk menemukan diri kita yang sabar dan tekun mengurai masalah kehidupan. Ketika kita terjebak secara mental dan keinginan untuk menghindarinya, Yin Yoga mengajarkan kita bahwa tetap diam dan menghadapi apa pun yang muncul dengan satu nafas pada satu waktu, akan benar-benar membantu kita untuk kuat menghadapinya.

Saat melakukan pose yang intens, seperti pressing toes, pressing ankle, geiko dan frog pose, kita berada di puncak drama, semakin sulit untuk mengabaikan pikiran-pikiran liar, dan kita mulai benar-benar ingin menyerah dan meninggalkan pose itu. Yin Yoga mengajarkan kita untuk menemukan tempat yang nyaman di tempat yang tidak begitu nyaman dengan mengamati pikiran dan reaksi kita dari sudut pandang ketenangan. Dan yang sangat luar biasa adalah, hal ini dapat kita aplikasikan ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

  1. Yin Yoga seperti meditasi untuk pemula.

Selama latihan Yin Yoga, kita akan menemukan banyak waktu untuk diri kita sendiri. Kita menemukan diri berhadap-hadapan dengan kesempatan untuk memulai latihan meditasi yang lembut, untuk memperlambat napas dan menenangkan pikiran. Guru Yin Yoga akan memandu kita dalam berlatih, menawarkan cara-cara untuk menjaga fokus pikiran dan untuk menghentikan tubuh dan pikiran dari keinginan untuk menyerah pada pose tersebut. Yin Yoga menyediakan tempat yang aman bagi kita untuk masuk ke dalam pikiran dan tubuh, mendapatkan pribadi yang tumbuh lebih baik melalui pengalaman meditasi dan kebahagiaan setelah kita membuka diri terhadap betapa berharganya diri kita.

 

  1. Yin Yoga dapat melepaskan sisi negatif kita

Pose-pose pada Yin Yoga tampak seperti pose yang mudah dan tidak menarik, namun apabila dilakukan dengan teknik yang benar dapat berubah menjadi sesuatu yang sangat menantang. Inilah yang dilakukan dalam Yin Yoga, dapat melepaskan sensasi yang sangat kuat, baik secara fisik maupun emosional. Kita menyimpan emosi kita di berbagai bagian dalam tubuh kita. Kenangan, kecemasan, dan ketegangan berlama-lama di dalam sel yang tersimpan jauh di dalam jaringan otot kita. Ketika kita melakukan pose yoga yang membuka bagian tubuh yang tidak tersentuh untuk sementara waktu, kenangan dan emosi yang tersimpan dalam ini muncul kembali.

Melakukan hal ini dapat menjadi tantangan pada saat ini, dan dapat menyebabkan beragam reaksi seperti mengeluarkan air mata, kemarahan, dan frustrasi, tetapi setelah itu mengarah ke titik akhir kita, kembali menjadi diri kita sendiri seutuhnya.

 

  1. Yin Yoga dapat menyebabkan perasaan senang yang luar biasa

Berlatih Yin Yoga menciptakan perasaan yang menyenangkan di mana kita menemukan momen kedamaian mutlak dalam diri kita.

Meskipun mungkin kita merasa belum berkeringat di akhir kelas, namun pikiran, tubuh, dan jiwa kita telah berada pada satu tingkat yang jauh lebih dalam, lebih intens, membuat pikiran yang lebih jernih, tubuh yang lebih ringan, dan hati yang lebih penuh.

 

Yin Yoga adalah latihan yang sangat lezat, bahkan salah seorang peserta Yin Yoga pernah memberitahukan kepada saya bahwa berlatih Yin Yoga seperti obat yang membantu nya menyembuhkan baik tubuh, hati dan pikiran. Kita masuk ke dalam dalam diri kita, hanya diam, dan memperhatikan apa yang dikatakan tubuh dan pikiran kepada kita. Ini sangat berbeda dari Vinyasa Yoga namun merupakan pelengkap yang sempurna. Dengan latihan Yin Yoga dan Yoga yang aktif lainnya, kita menciptakan keseimbangan yang indah di dalam sistem energi dalam tubuh kita dan perasaan tenang yang unik akan dapat dirasakan baik secara fisik maupun mental.

 

Apabila Anda adalah penggemar olahraga atau Yoga yang aktif (yang) maka sebaiknya diimbangi juga dengan Yin Yoga

Selamat berlatih dan menemukan keseimbangan dalam diri Anda.

Oleh Fransiska, Jagannatha Yoga Shala Alumni 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top